News Update
Lazada Malaysia
Logo Info Ponsel 507 Informasi Seputar Handphone, Spesifikasi, Sparepart, Pulsa, News, Shop, Review, Tips dan App

Compare 3 Ponsel Android 3 Jutaan, Samsung Galaxy A3 VS Lenovo Vibe X2 VS Asus Padfone S


   Membeli ponsel Android dengan kualitas yang sepadan harganya tentu menjadi idaman konsumen tanah air ketika memilih ponsel di toko. Pada rentang harga tiga juta, Pembeli tentu bisa mendapatkan perangkat dalam berbagai varian model serta keunggulan masing – masing. Diantara ketiga ponsel yang bisa dipilih pada rentang harga ini adalah Galaxy A3, Vibe X2 dan padfone S. Berasal dari pabrikan tiga negara Asia, keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh ketiga perangkat ini? Simak komparasi lengkapnya berikut :




DESAIN

   Datang dengan warna putih, Galaxy A3 merupakan ponsel Samsung pertama dengan bodi full metal yang dijual dengan harga paling murah. Dengan desain unibodi. Samsung berupaya meningkaktkan image perusahaan yang pada mulanya dikenal sebagai pembuat handset berbahan palstik. Meski bahan yang digunakan berasal dari metal Galaxy A3 punya bobot yang tergolong ringan serta dimensi yang paling tipis dibanding dua ponsel lainnya.

  Ponsel berikutnya yang juga berbahan metal adalah Vibe X2 yang hadir dengan nuansa warna yang berlapis – lapis atau disebut multi layered aluminium alloy. Hebatnya lagi, gabungan dari layer ini tidak menbuat Lenovo Vibe X2 menjadi tebal, bahkan ponsel ini masih tergolong tipis dikelasnya. Dengan rancangan bentuk unibodi. Lenovo mengadopsi konsep kotak dan flat yang menonjolkan kesan sederhana namun tetap elegan.
  Berbeda dengan kedua ponsel sebelumnya, Asus menggunakan bahan material plastic polycarbonate untuk Padfone S. Pemilihan bahan plastik tersebut adalah hal yang wajar mengingat harga jual Padfone S adalah yang paling murah diantara ketiga ponsel yang dikoparasi. Meski bagaian belakang ponsel dapat dibuka dengan mudah, namun baterai Padfone S hanya dapat dibuka menggunakan obeng.

  Agar posisi ponsel di dalam station tidak mudah bergeser. Asus memakai desain dovetail joint yang biasa digunakan dalam teknik perkayuan. Akibatnya, bodi milik Padfone S jadi tebal dan berat dari kedua ponsel lainya.

DISPLAY





 Menggunakan layar dengan jenis Super AMOLED. Samsung menghadirkan gambar dengan kualitas paling baik dikelasnya. Ketajaman warna yang disuguhkan terlihat lebih sedap dipandang daripada kedua ponsel lain meski resolusi yang diusung hanya qHD. Meski sudut pandang yang dimiliki tidak selebar Layar IPS LCD, namun layar AOMLED diklaim lebih hemat daya sehingga dapat menperpanjang waktu siaga ponsel. Samsung Galaxy A3 sanggup menerima input sentuh hingga 5 jari yang tergolong paling sedikit. Absenya Gorilla Glass pada layar A3 juga menjadikan ponsel ini lebih rentan tergores.

 Beralih pada Vibe X2, Lenovo yang menggunakan layar IPS LCD siap menyuguhkan gambar dengan sudut pandang  lebar serta resolusi Full HD. Setting autobrightness Vibe X2 terlihat reponsif sehingga menghasilkan peforma yang baik dibawah terik sinar matahari. Sedangkan dari sisi proteksi terhadap goresan , Gorilla Glass generasi ketiga dapat anda andalkan dalam pemakaian sehari- hari. Kemanpuan untuk menerima input sentuh hingga 10 jari juga menjadi nilai lebih tersendiri dari perangkat ini.

   Layar Padfone S juga tidak mau kalah dari Vibe X2 dengan resolusi full HD serta diagonal yang sama. Dengan layar LCD berteknologi Super IPS+, Padfone S menyuguhkan gambar dengan kerapatan piksel 441 ppi yang jernih meski secara visual masih dibelakang Vibe X2. Dengan kemamnpuan menerima inpit sentuh hingga 10 jari. Asus juga menbekali layar Padfone S dengan kaca Gorilla Glass.

MULTIMEDIA

  Anda dapat menikmati hiburan audio Galaxy A3 dan Vibe X2 dengan menggunakan aplikasi bawaan Google Play Music. Alunan music dapat anda nikmati dengan lebih merdu menggunakan earset serta setting equalizer yang disertakan. Mendengarkan siaran radio juga menyenangkan dengan kemanpuan untuk  merekam siaran favorit serta dukungan radio data system (RDS). Pengguna juga dapat menyematkan aksesoris speaker tambahan pada Vibe X2 ke pogo pin Yang berada dibelakang bodi.



  Fasilitas audio milik padfone S juga tidak kalah dengan teknologi audio DTS Engine. Anda juga dapat menikmati siaran radio favorit anda meski tidak dapat merekamnya. Sedangkan untuk menonton video. Anda dapat menikmati video dalam beragam format hingga resolusi full HD. Dari ketiga ponsel hanya pemutar video Galaxy A3 yang dapat menampilkan subtitle berfotmat .srt. 

HARDWARE

  Dilihat dari spesifikasi, Galaxy A3 adalah yang paling rendah prosesornya dengan chipset quad core Snapdragon 410 yang melaju dengan kecepatan 1,2 Ghz. Dengan chipset Snapdragon 410 bit yang ditemani dengan RAM 1,5GB, Galaxy A3 siap menjalankan beragam aplikasi, game dan video Hd secara lebih mulus. Dengan kapasitas internal memori sekitar 12GB. Anda masih dapat melakukan ekspansi menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 64GB. Sayangnya, besarnya kosumsi daya ponsel ini tidak diimbangi dengan kapasitas baterai yang memadai. Besaran daya 1900mAh yang diusung tentu menbuat pengguna jadi tergantung dengan powerbank atau charger.


  Pada ponsel Vive X2,Lenovo membenamkan prosesor MTK 6595 octacore yang terdiri dari masing – masing empat inti cortex-A17 2.0GHz dan cortex-A7 1.7GHz. ditunjang dengan RAM 2GB. Vibe X2 juga sudah menggunakan GPU Power VR G600 yang siap menopang kerja perangkat dalam menjalankan seluruh aplikasi yang ada. Dengan ruang simpan 32GB yang menyisakan penyimpanan data pribadi hingga 25GB, wajar bila Vibe X2 sudah dianggap sangat memadai sehingga tidak lagi memerlukan slot ekspansi kartu memori. Urusan kosumsi daya sudah ada baterai lithium polymer dengan kapasitas maksimal 2300mAh.

  Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801, Padfone S sanggup berjalan pada kecepatan maksimal 2.3GHz kombinasi RAM 2GB dan GPU Andreno 330, menghasilkan kinerja yang lancar dalam menjalankan aplikasi dan game Android. Sisi penyimpanan juga sama pada kisaran 10GB serta slot ekspansi kartu microSD hingga kapasitas 64GB. Kapasitas baterai yang diusung sama dengan Vibe X2 yakni pada angka 2.300mAh. lalu kinerja siapakah yang lebih baik? untuk menjawab hal ini. Narasumber melakukan benchmarking dengan app benchmarking yang sama.





OS dan UI

  Memilki system operasi yang digunakan galaxy A3 menggunakan Android KitKat 4.4.4 yang dihiasi dengan antarmuka Touchwiz UI. Selain meniadakan multi window, opsi kustomisasi pada bar notifikasi sekarang hanya sebatas  merubah urutan ikon yang disediakan tanpa kemanpuan menyembunyikannya. Pengguna baru Android juga dimanjakan dengan kehadiran fitur easy mode yang menyajikan ikon dengan ukuran besar serta layaout yang lebih simpel. Berbagai platform yang serupa, Vibe x2 yang masih menggunakan KitKat 4.4.2 menyajikan launcher khas sang vendor yang dilengkapi beragam pilihan kostumisasi, seluruh ikon aplikasi yang ada ditempatkan di seluruh panel homescreen yang ada. Untuk pilihan kustomisasi, Lenovo menyematkan opsi pengaturan desktop yang meliputi animasi transisi, wallpaper dan gerture setting.


  Tidak mau kalah dengan kompetitornya, Asus menjejali platform Android KitKat yang dibawanya dengan antarmuka ZenUI yang terdiri dari tiga panel homescreen. Memasuki halaman menu, anda akan disambut dengan ikon yang diatur dalam format grid horizontal yang dibagi dalam kategori aplikasi dan widget. Pada sudut kanan bagaian atas terdapat menu kustomisasi yang dejejali dengan beragam opsi mulai dan edit, smart group, lock apps,hide apps,preferences dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga dapat mendownload icon pack untuk mendapatkan tampilan ponsel yang lebih unik dan personal.

INTERNET dan KONEKTIVITAS

  Akses data galaxy A3 sudah mendukung jaringan HSPA+ dengan kecepatan download 42.2Mbps dan upload 5.76Mbps. anda dapat memilih slot kartu pertama dari kedua untuk terhubung kejaringan 3G HSPA+ Galaxy A3 dan zvibe X2 mendukung dual SIM nano dan mikro. Sementara Lenovo Vibe X2 dan Padfone 5 sudah mendukung koneksi data 4G LTE. Keonektivitas Vibe X2 juga sudah cukup mumpuni dengan dual band Wi-Fi yang mendukung DLNA. Sedangkan Padfone S sudah mendukung USB OTG serta sudah dibekali pulsa dengan cip NFC. Port micro USB miliknya juga sudah mendukung Stimport TV out.


KAMERA

  Samsung Galaxy A3 didukung oleh kamera belakang berkekuatan 8 megapixsel yang disertai juga dengan lampu LED flash. Disertai dengan kamera depan 5 megapixsel dan mode wide selfie, pengguna dapat menghabiskan gambar hingga sudut 110 derajat dan untuk posisi portrait dan 120 derajat pada posisi landscape.

  Lenovo menpersenjatai Vibe X2 dengan kamera belakang yang sanggup mengambil gambar dengan resolusi 13 megapixsel pada aspect ratio 4:3 dan 10 megapixsel untuk ratio 16:9. Pengguna bisa mengakses setting seperti HDR mode, saturasi, exposure, contrast dan lain – lain.



  Teknologi kamera PixelMaster milik Asus menggabungkan keunggulan software dan aperture F/2.0 siap menghasilkan foto berkualitas untuk Padfone S. berbeda dengan Vibe X2 kamera depan Padfone S hanya memiliki resolusi sebesar 2 megapixsel. Untuk pemotretan indoor, kamera Padfone S menghasilkan gambar yang lebih terang serta minim noise. Sayangnya untuk reproduksi warna dan kontras yang dihasilkan ternyata masih dibawah kamera milik Vibe X2. Posisi terakhir untuk kualitas foto indoor dipegang oleh kamera Samsung Galaxy A3. Sementara untuk pemotretan Ourdor, Vibe X2 diposisi pertama yang disusul dengan Galaxy A3 dan padfone S yang terlihat Overbrihtness.

KESIMPULAN

  Padfone S yang menbawa prosesor qualcomm Snapdrgaon 801 unggul disisi konektivitas dengan disertakan cip NFC dan kemampuan USB OTG. Sementara dari sisi desain Vibe X2 dan Galaxy A3 bersaing dengan material metal yang diusungnya. Dengan pogo pin dibelakang bodi, Vibe X2 sudah mendukung wireless charging. Sedangkan galaxy A3 unggul disisi kemampuan dual SIM yang dapat menerima panggilan secara simulton.

0 Response to "Compare 3 Ponsel Android 3 Jutaan, Samsung Galaxy A3 VS Lenovo Vibe X2 VS Asus Padfone S"